Macam-Macam Rumah Adat Papua

Macam-Macam Rumah Adat Papua

Macam-Macam Rumah Adat Papua – Seperti yang kita semua ketahui bahwa setiap daerah sudah pasti memiliki banyak sekali adat dan tradisi yang sangat terkenal. Rumah adat Papua adalah hunian tradisional yang dihuni oleh berbagai macam suku di pulau terbesar di Indonesia ini. Papua, selain terkenal akan alamnya yang sangat kaya, kebudayaannya pun tak kalah mempesona.

1. Rumah Honai
Honai adalah rumah adat Papua yang paling dikenal oleh banyak orang. Rumah adat ini memiliki bangunan arsitektur yang begitu khas dengan bentuk atapnya yang menyerupai jamur.
Honai merupakan hunian tradisional milik masyarakat asli Papua bernama Suku Dani, yang tinggal di daerah pegunungan bernama lembah Baliem.
Selain berfungsi sebagai rumahbangsa tempat tinggal Suku Dani, Honai juga digunakan sebagai tempat menyimpan umbi-umbian, alat untuk berperang, hingga tempat pengasapan mumi.

2. Rumah Jew
Jew merupakan salah satu rumah adat Papua yang juga dijuluki sebagai rumah bujang. Unik sekali bukan? Dinamakan demikian karena menurut informasi yang dilansir, rumah tradisonal ini ternyata hanya ditinggali oleh laki-laki saja.
Laki-laki yang menghuni rumah bujang ini adalah laki-laki yang berasal dari Suku Asmat. Menariknya, berdasarkan laman Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Suku Asmat merupakan suku yang telah ditetapkan sebagai warisan Dunia oleh PBB karena budaya ukirnya. Luar biasa ya!

3. Rumah Kariwari
Kariwari sebagai rumah adat Papua memiliki ciri khas tersendiri yakni atapnya yang tersusun tiga, berbentuk limas segi delapan.
Hunian tradisional ini adalah tempat tinggal bagi Suku Tobati yang ada di pesisir teluk bernama teluk Yotefa. Uniknya, karena terletak di pesisir pantai, Kariwari memiliki tempat khusus untuk menangkap ikan di bawah rumah yang dinamakan dengan keramba.

Jika penasaran untuk melihat rumah adat yang satu ini, kamu bisa melihatnya di Anjungan Papua yang ada di Taman Mini Indonesia Indah.

4. Rumah Kaki Seribu
Mungkin kamu bertanya-tanya soal penamaan rumah adat Papua yang satu ini? Ya, rumah adat ini bernama rumah Kaki Seribu karena memiliki begitu banyak kaki, yang berfungsi sebagai penyangga bangunan rumah.
Rumah Kaki Seribu yang merupakan tempat tinggal bagi Suku Arfak ini memiliki banyak penyangga untuk melindungi mereka dari serangan binatang buas mengingat mereka hidup di daerah gunung.
Rumah Kaki seribu juga memiliki julukan lain, yakni Mod Aki Aksa.

Related posts